Menulis untuk Memperhatikan

Maafkan saya karena memulai dengan penulisan ulang yang tidak terlalu pintar dari pepatah lama, tetapi hari ini “hampir semua berita adalah kabar baik” ketika Anda mencoba menghasilkan visibilitas untuk perusahaan atau organisasi Anda. Saya akan memberi tahu Anda cara membuat rilis berita yang berharga dari informasi yang mungkin menurut Anda tidak bernilai dan menerbitkannya.

Apa yang saya maksud dengan “hampir semua berita adalah kabar baik”? Bahwa hampir semua berita dapat diubah menjadi konten untuk publikasi www.kitaswara.com online dan offline, mendapatkan visibilitas yang berharga untuk bisnis atau organisasi Anda.

Mobil Baru Toyota Yang Wajib Dibeli Di Tahun 2021

Siaran berita tradisional – atau siaran pers yang biasa dipanggil kembali ketika pers yang sebenarnya digunakan oleh organisasi berita nyata untuk mencetak berita – harus bersaing untuk mendapatkan ruang terbatas pada halaman cetak. Biasanya, kelayakan berita terbatas pada cerita tentang produk atau layanan baru, teknologi baru, atau berita organisasi besar.

Namun sekarang, konsep “berita” telah berubah secara dramatis. Ruang penerbitan hampir tidak terbatas dan penerbit haus akan konten. Garis telah kabur antara apa yang disebut organisasi berita “nyata” seperti surat kabar, majalah, dan outlet berita siaran dan “media baru” seperti situs jurnalisme warga online, blog, surat elektronik, dan layanan agregator berita. Saat ini, banyak batu sandungan telah hilang yang dulunya antara orang-orang yang menghasilkan berita dan outlet yang menerbitkannya. Kini semakin mudah untuk mempublikasikan berita Anda di berbagai tempat. Triknya adalah menulis sesuatu yang akan cukup menarik bagi seseorang untuk mengambil dan menerbitkannya.

Memilih topik

Ada lebih banyak hal untuk ditulis dalam rilis berita daripada yang mungkin Anda pikirkan, dimulai dengan yang sudah jelas: produk atau layanan baru, pembukaan dan penutupan, restrukturisasi (kemitraan, merger dan akuisisi), dan berita karyawan / staf. Topik-topik ini umumnya dapat dianggap sebagai berita “keras” dan layak untuk disebarluaskan, jika memungkinkan.

Namun, ada sejumlah topik lain yang tidak terpikirkan oleh banyak orang untuk dipromosikan dengan rilis berita, tetapi itu membuat rilis berita “lunak” yang ideal. Topik-topik ini termasuk pameran dagang dan penampilan konferensi, penghargaan, peringatan bisnis, kemenangan klien baru, pembelian peralatan modal, dan kemampuan baru. Meskipun editor publikasi bisnis mungkin menganggap topik ini terlalu mementingkan diri sendiri untuk menjamin publikasi, masih ada alasan bagus untuk menulis rilis tentang topik tersebut, seperti yang akan segera Anda lihat.

Membuat berita Anda sendiri.

Tidakkah Anda merasa memiliki cukup berita, baik keras maupun ringan, untuk ditulis? Kemudian pikirkan tentang membuat berita Anda sendiri. Kembangkan industri sederhana atau survei pelanggan, publikasikan hasilnya di situs web Anda, dan tulis rilis berita tentangnya.

Menulis sebuah laporan. Wawancarai personel kunci dalam organisasi Anda dan asosiasi perdagangan industri Anda tentang pasar atau industri Anda dan publikasikan wawasan mereka. Kemudian tulis rilis tentang temuan utama, mengumumkan ketersediaan laporan untuk diunduh di situs web Anda. Dengan sedikit pemikiran, Anda harus bisa menemukan beberapa cara untuk membuat berita Anda sendiri.

Menulis rilis berita

Sekarang Anda perlu menulis tentang topik Anda. Ingatlah bahwa ini adalah berita, bukan iklan, dan editor akan menilai apakah layak diterbitkan. Hindari jargon dan penggunaan frasa seperti “pemimpin industri”, “nomor satu”, “unik”, dan istilah lain yang bernada iklan swalayan.

Pimpin dengan semua informasi penting di paragraf pertama, dimulai dengan topik, perusahaan, dan mengapa berita Anda penting. Secara tradisional, ini dikenal sebagai “lima W dan H” – siapa, apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Buat kalimat tetap sederhana dan paragraf pendek.

Tambahkan detail ke bagian tengah, atau isi, rilis Anda dan selesaikan dengan apa yang disebut “boilerplate” – informasi standar tentang perusahaan atau organisasi Anda, termasuk deskripsi dasar, lokasi, dan alamat web. Jika perusahaan Anda cukup besar, ia bahkan dapat menyertakan jumlah karyawan, informasi anak perusahaan, dan simbol ticker saham jika diperdagangkan secara publik.

Mendistribusikan rilis berita

Inilah bagian yang menyenangkan – menyebarkan berita sehingga orang yang tepat dapat melihatnya. Jika pasar Anda cukup kecil, Anda mungkin dapat menyusun daftar distribusi Anda sendiri berdasarkan publikasi perdagangan dan organisasi industri (berikut tip untuk menemukan orang yang tepat di situs web mereka: telusuri ke bagian Hubungi Kami, sering kali tombol masuk footer di bagian paling bawah halaman – personel kunci dan alamat email mereka sering tercantum di sana). Dibutuhkan sedikit kerja keras, tetapi itu sepadan karena Anda akan memiliki daftar singkat dan terkini tentang orang-orang yang perlu Anda jangkau. Ingatlah untuk memperbaruinya secara berkala.

Jika perusahaan Anda memiliki berita penting dengan daya tarik yang lebih luas, pertimbangkan untuk menggunakan salah satu dari banyak layanan distribusi berita berbayar seperti PR Newswire, PRWeb, atau BusinessWire. Layanan ini dapat mengenakan biaya beberapa ratus dolar atau lebih per rilis, tergantung pada distribusi yang Anda butuhkan, tetapi mereka sepadan. Ribuan publikasi online dan offline berlangganan layanan ini untuk menerima rilis berita, meningkatkan peluang Anda untuk dilihat oleh editor dan audiens yang tepat.

Ada juga banyak layanan distribusi rilis online gratis yang layak untuk dilihat tetapi terlalu banyak untuk dicantumkan sepenuhnya di sini. Beberapa yang lebih populer termasuk PR.com, Webwire, PRZoom, Clickpress.com, dan 24-7 Press Release.com. Jenis layanan distribusi ini sangat berguna untuk mendistribusikan rilis “berita ringan” seperti hari jadi bisnis, penampilan pameran dagang, dan ketersediaan survei atau laporan; rilis yang dirancang untuk menampilkan nama organisasi Anda di hadapan khalayak yang lebih luas dari editor surat elektronik, blogger, dan penerbit lain dengan berita yang mungkin tidak cukup “berita” untuk, katakanlah, publikasi perdagangan atau editor halaman bisnis.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *